Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor

Authors

  • Ellen Alfina Kusumasari Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
  • Andan Yunianto Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62739/jb.v13i1.89

Keywords:

Kepatuhan Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak

Abstract

 

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tentang pengaruh kualitas pelayanan, sanksi pajak, dan pengetahuan pajak terhadap tingkat kepatuhan pajak kendaraan bermotor.

Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan data primer diperoleh melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada wajib pajak kendaraan bermotor (PKB) di Kabupaten Blora.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Adapun pengetahuan pajak tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap wajib pajak.

Implikasi Praktis: Pihak otoritas pajak perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan penerapan sanksi pajak yang adil untuk mendorong kepatuhan dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan literatur mengenai determinan yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak kedaraan bermotor.

References

Baroroh, H. E., Widyasari, W., Efendi, Y., & Afriani, A. (2023). Digitalization And Product Development Of Micro, Small, And Medium Enterprises (Msmes) In Tonjong Village As A Means Of Empowering The Community Toward Prosperous. Journal Of Community Practice And Social Welfare, 3(1), 13-27.

Hadianto, H. P., Hidayat, W. W., & Ningrum, E. P. (2024). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Dan Penerapan Sistem E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Bekasi Pada Kantor Samsat Kota Bekasi. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 3(3), 1458-1468. Doi:10.55681/Sentri.V3i3.2424

Isnaini, P., & Karim, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor: Studi Kasus Pada Kantor Samsat Kabupaten Gowa. Pay Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 3(1), 27-37. Doi:10.46918/Pay.V3i1.976

Karnowati, N. B., & Handayani, E. (2021). Moderation Of Tax Socialization Of Factors Affecting Taxpayer Compliance In The Time Of Covid-19. International Journal Of Research In Business And Social Science, 10(5), 184-194.

Mardiasmo, M. (2016). Perpajakan–Edisi Terbaru: Penerbit Andi.

Subarkah, J., & Dewi, M. W. (2017). Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Dan Ketegasan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Sukoharjo. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02).

Tjiptono, F. (2022). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4: Penerbit Andi.

Virgiawati, P. A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib Pajak Di Samsat Jakarta Selatan). Monex: Journal Of Accounting Research, 8(2). Doi:10.30591/Monex.V8i2.1234

Wahyuni, S., Tasril, V., & Iqbal, M. (2024). Ui/Ux Design For Progressive Tax Payment And Vehicle Blocking Services Website Using The Ideo Method. Encryption: Journal Of Information And Technology, 3(1), 35-42.

Wardani, D. K., & Rumiyatun, R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1), 15-24. Doi:10.24964/Ja.V5i1.253

Welyus, T. S. (2021). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Religiusitas Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kemauan Untuk Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Empiris Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Solok Selatan). Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,

Widyanti, A. R., & Retnani, E. D. (2020). Pengaruh Kesadaran, Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (Jira), 9(12).

Wijiyanti, W., Karyanti, T. D., & Marliyati, M. (2022). The Effect Of Taxpayer Awareness, Service Quality, Tax Sanctions, Tax Knowledge, And Tax Socialization On Taxpayer Compliance In Paying Motor Vehicle Taxes (Case Study On Samsat Pati Regency). Applied Accounting And Management Review (Aamar), 1(1), 09-21.

Wujarso, R., & Napitupulu, R. D. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Di Jakarta. Jurnal Stei Ekonomi, 29(02), 44-56.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Kusumasari, E. A. ., & Yunianto, A. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor . Jurnal Bisnis, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.62739/jb.v13i1.89

Issue

Section

Articles