Strategi Online Advertising dan Brand Building Berbasis Sosial Media di Black Cafe Nongkojajar
DOI:
https://doi.org/10.62739/jb.v12i2.82Keywords:
Online Advertising, Brand Building, Media SosialAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi online advertising dan brand building yang diterapkan oleh Black Cafe Nongkojajar dalam mempromosikan kopi lokal.
Metodologi/Pendekatan: Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan teknik wawancara semi-struktur dan observasi media sosial.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi iklan online Black Cafe berfokus pada penyajian konten visual yang estetis dan storytelling berbasis kearifan lokal melalui platform Instagram dan TikTok. Interaksi aktif dengan audiens turut mendorong tingginya tingkat engagement. Strategi pembangunan merek dilakukan secara konsisten melalui penciptaan suasana kafe yang khas, narasi lokal yang kuat, serta pendekatan personal terhadap pelanggan, sehingga menciptakan kedekatan emosional dan memperkuat identitas merek.
Implikasi Praktis: Penelitian ini memberikan panduan bagi UMKM untuk merancang strategi digital branding yang efektif, sederhana, dan hemat sumber daya, namun tetap membangun kedekatan dengan konsumen.
Kebaruan: Penelitian ini menunjukkan kontribusi baru dalam membangun merek kedai kopi lokal melalui storytelling, interaksi digital, dan pengalaman pelanggan yang otentik berbasis komunitas.
References
Allya Ramadhina, & Mugiono, M. (2022). Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.21776/jmppk.2022.1.1.21
Ani, N. K. A. P., Suastuti, N. L., & Pranadewi, P. M. A. (2023). Pengaruh Instagram Ads (advertising) Dalam Membangun Brand Awareness Pada Kopi Rumahan Bali. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 12(1), 64–70. https://doi.org/10.52352/jbh.v12i1.901
Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., … Arum, D. P. (2022). Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740–746. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4702
Aryani, E., Zanaria, Y., & Kurniawan, A. (2022). Analisis Perkembangan Coffee Shop Sebagai Salah Satu Peranan Umkm Di Kota Metro (study Kasus Pada Coffee Shop Janji Jiwa Dan Coffee Et Bien). Aktiva: Jurnal Akuntansi, 3(2), 139–145. https://doi.org/10.24127/akuntansi.v3i2.3039
Cen, C. C., & Faisal, E. N. (2021). Permintaan Kopi Indonesia: Studi Terhadap Dua Negara Tujuan Utama Ekspor. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi, 1(3), 108–119. https://doi.org/10.23969/jrie.v1i3.20
Fitriani, D. (2023). Eksistensi Budaya Minum Kopi Dari Era Kolonial Hingga Era Modern. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(3), 114–119. https://doi.org/DOI: 10.26418/jdn.v1i3.70369
Hasanah, I., Gianti, A. P., Aisah, S. N., & Rama, A. (2021). Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Journal of Creative and Innovative Entrepreneurship, 4.
Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2011). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (Fifth edition, global edition). Harlow, England London New York: Pearson.
Lauricia, T. (2020). Pengaruh Iklan Dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Tealab. Performa, 5(2), 112–120. https://doi.org/10.37715/jp.v5i1.1563
Manggopa, S., Sumenda, C., Kainde Anita, L. L., & Mandagi, D. (2023). Efektivitas Sosial Media Marketing Dalam Membangun Brand Institusi Pendidikan: Perspektif Generasi Z. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2517–2526. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.621
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Fourth edition). Los Angeles: SAGE.
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103.
Ramdhani, M. D., & Masnita, Y. (2023). Peran Pemasaran Media Sosial Pada Ekuitas Merek Menggunakan Citra Dan Kepercayaan Merek. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 13(1), 89–103. https://doi.org/10.37932/j.e.v13i1.701
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif (19 ed.). Bandung: Alfabeta.
Syahputra, M. R., & Prabumenang, A. K. R. (2025). Analisis Brand Image Melalui Instagram (studi Kasus Pada Instagram @erspo.official). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9(5), https://doi.org/10.30651/jms.v10i1.25498.
Tambunan, D. S., Wijaksana, T. I., Sos, S., & Si, M. (2019). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Brand Awareness Pada Ovo. e-Proceeding of Management, 6(1), 1178–1184.
Triadi, D., & Darnita, C. D. (2021). Strategi Membangun Brand Image dan Promosi dengan Sosial Media pada UMKM Jawet Sama Arep. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 326–348. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.241
Wijaya, H. D. (2023). Peran Branding Dalam Peningkatan Loyalitas Konsumen: Tinjauan Literatur Empiris. JKPIM : Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(3), 200–210. https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i3.560