Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian bata ringan pada PT Kurnia Jaya Barokah Kabupaten Purwakarta (survey pada pelanggan bata ringan PT Kurnia Jaya Barokah)

Authors

  • Nurmaidah Program Studi Manajemen Bisnis, STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta
  • Dewi Mulyani Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Perdana Mandiri, Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.62739/jb.v11i1.7

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga terhadap keputusan pembelian bata ringan pada PT Kurnia Jaya Barokah Kabupaten Purwakarta.

Metodologi/Pendekatan: Objek dari penelitian ini adalah harga dengan subjek penelitian PT Kurnia Jaya Barokah. Responden dari penelitian ini adalah pelanggan bata ringan. Sampel yang diambil sejumlah 96 orang dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode survey. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara.

Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Harga berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan pembelian bata ringan pada PT Kurnia Jaya Barokah sebesar 24 %, sedangkan sisanya sebesar 76 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang

tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap literatur mengenai hubungan harga dengan keputusan pembelian di Indonesia.

References

Aisyah, A., & Wasiman, W. (2019). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT JOLIN PERMATA BUANA. SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2).

Alma, B. (2018). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).

Arikunto, S. (2016). Prosedur suatu penelitian pendekatan produk. PT. Rineka Cipta

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS. 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen pemasaran. Erlangga

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principle of Marketing (Ed.15). Pearson.

Narimawati, U., Sarwono, J. (2016). Metode penelitian dalam implementasi ragam analisis. Salemba Empat.

Riduwan. (2018). Metode & teknik menyusun proposal penelitian. Alfabeta.

Sari, R. M., & Prihartono, P. (2021). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 1171-1184. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1573

Suddin, A. F. (2013). Pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan produk ayam pedaging di kota makassar. Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan, 1(1), 1-12. 10.24252/JIIP.V1I1.829

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-06-11

How to Cite

Nurmaidah, & Mulyani, D. (2023). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian bata ringan pada PT Kurnia Jaya Barokah Kabupaten Purwakarta (survey pada pelanggan bata ringan PT Kurnia Jaya Barokah). Jurnal Bisnis, 11(1), 60–69. https://doi.org/10.62739/jb.v11i1.7

Issue

Section

Articles