Pengaruh harga terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada objek wisata Jatiluhur Valley dan Resort di Kabupaten Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.62739/jb.v11i2.55Keywords:
Harga, Keputusan BerkunjungAbstract
Tujuan: Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran harga dan pengaruhnya terhadap keputusan berkunjung di objek wisata Jatiluhur Valley dan Resort.
Metodologi/Pendekatan: Subjek penelitian ini adalah wisatawan pada objek jatiluhur Valley dan Resort dengan diambil sampel sejumlah 96 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuesioner.
Hasil: Hasil penelitian mengungkapan bahwa harga dan keputusan berkunjung yang diperoleh dan dirasakan oleh wisatawan pada objek wisata Jatiluhur Valley dan Resort di Kabupaten Purwakarta berada pada kategori tinggi. Besarnya pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian adalah 45,6%, sedangkan 44,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Implikasi Praktis: Penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi pihak pengelola supaya selalu memberikan sesuatu yang dapat menarik minat calon pengunjung untuk datang ke objek wisata selain dari menampilkan berbagai keunggulan objek wisata Jatiluhur Valley dan Resort.
Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan literatur mengenai keputusan wisatawan dalam memilih objek wisata yang akan dikunjungi dipengaruhi oleh harga.
References
Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
BPS. (2021). Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata Tahun 2017-2021. Jawa Barat.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Riduwan dan Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta.
Kotler, P., & Amstong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12, Jilid 1). Erlangga.
Ginting, N. F. H. 2012. Manajemen Pemasaran (cetakan kedua). Yrama Widya
Wibisono, D.. (2003) Riset Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sheth dan Mittal. (2014). Kepuasan Konsumen. Erlangga.
Kotler, P., and G., Armstrong. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Ke-12.
Jakarta: Erlangga.