Pengaruh physical evidence terhadap kepuasan pelanggan di cafe stasiun kopi Kabupaten Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.62739/jb.v11i2.52Keywords:
Physical Evidence, Kepuasan PelanggaAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah physical evidence berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Cafe Stasiun Kopi Purwakarta.
Metodologi/Pendekatan: Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi dan studi kepustakan.
Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa physical evidence berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Cafe Stasiun Kopi Purwakarta. Selain itu physical evidence dan kepuasan pelanggan yang diperoleh dan dirasakan oleh pelanggan Cafe Stasiun Kopi Purwakarta berada pada kategori sangat tinggi. Besarnya pengaruh physical evidence terhadap kepuasan pelanggan adalah 76,6% sisanya 23,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti produk, tempat, harga, promosi, orang, proses, yang tidak diteliti oleh penulis.
Implikasi Praktis: Penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi pihak cafe terkait urgensi meningkatkan dan memperhatikan kembali physical evidence.
Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan literatur mengenai pengaruh physical evidence terhadap kepuasan pelanggan dalam konteks pengelolaan café.
References
Abubakar, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.
Asmara, S. (2020). Tinjauan Kritis Kendala dan Dampak Pengembangan Pariwisata Indonesia. Prosiding WEBINAR Fakultas Ekonomi Unimed “Strategi Dunia Usaha Menyikapi Status Indonesia Sebagai Negara Maju: Pra dan Pasca Covid-19”, 140-151.
Kosnan, W. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit umum daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(4).
Krey, J. T. (2022). Penerapan kebijakan PPKM dan dampaknya terhadap pendapatan pelaku usaha mikro dan kecil di Kota Jayapura. Thesis. Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
Sihombing, M. M., Arifin, M. H., & Maryono, M. (2022). Pengaruh Varian Menu, Harga, dan Suasana Cafe, Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin. Smart Business Journal, 1(1), 26-33.
Simanullang, W. (2023). PENGARUH KEWAJARAN HARGA DAN SUASANA CAFÉ TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CAFÉ UWO 77 DI SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa. Penerbit Andi.
Tryadi, A., & Muhajirin. (2021). Pengaruh Physical Evidence Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Surf Café Kota Bima). Journal Scientific of Mandalika (JSM), 2(7), 291-298.
Zeithaml, V. A., & Bitner, M. J. (2000). Service Marketing 2nd Edition: Integrating Customer Focus. McGraw-Hill Inc.