Pengaruh burnout terhadap kinerja

Authors

  • Ujang Saepulloh Program Studi Manajemen Bisnis, STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta
  • Dedy Trisnadi Program Studi Manajemen Bisnis, STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.62739/jb.v11i1.5

Keywords:

Burnout, Guru, Kinerja

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran burnout, kinerja dan pengaruh burnout terhadap kinerja pada guru PNS SMA Negeri 1 Pasawahan Kabupaten Purwakarta.

Metodologi/Pendekatan: Responden dari penelitian ini adalah Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di SMA Negeri 1 Pasawahan Kabupaten Purwakarta, dengan menggunakan metode kuantitatif pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan software SPSS versi 26.0.

Hasil: Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa burnout yang dilakukan responden sebesar 79,45% dengan skor kriterium sebesar 1,311 mengartikan pada daerah tinggi, untuk kinerja mendapat presentase sebesar 80,66% dengan skor kriterium sebesar 1,331 mengartikan berada pada daerah tinggi dan pengaruh burnout terhadap Kinerja dengan presentase sebesar 60,6% sedangkan sisanya 39,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Implikasi Praktis: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru PNS di SMA Negeri 1 Pasawahan Kabupaten Purwakarta mengalami tingkat burnout yang tinggi. Ini mengindikasikan perlunya upaya yang lebih besar dalam manajemen stres dan burnout di kalangan guru. Sekolah dan pihak berwenang perlu memberikan dukungan psikologis, pelatihan manajemen stres, dan strategi pemulihan kepada guru untuk mengatasi burnout.

Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap perkembangan literatur tentang kondisi burnout dan kinerja guru.

References

Emda, A. (2016). Strategi peningkatan kinerja guru yang profesional. Lantanida Journal, 4(2), 111-117. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1883

Fitri, A., Tanjung, A., Amelia, A., Yunita, E., Manurung, O. E., Nurkhotimah, N., & Budi, B. (2023). Strategi kepemimpinan dalam membangun/mendirikan sekolah di SMP Islam Plus Al Fatih Medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 894-899.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS25. Badan Penerbit Universitas Diponerogo.

Human Development Reports. (2020). Education Index. Human Development Reports.

Lubis, Y., Hermanto, B., & Edison, E. (2018). Manajemen dan riset sumber daya manusia. Alfabeta CV.

Priansa, D. J. (2017). Manajemen kinerja kepegawaian dalam pengelolaan SDM perusahaan. CV Pustaka Setia.

Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62-70.

Sugiyono. (2021). Statistika Untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta.

Supardi. (2016). Kinerja Guru. Rajawali Pers.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi manajemen sumber daya manusia. Journal of Education Research, 1(3), 225-236. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.26

Wibowo, A. (2019). Pengawasan pendidikan formal untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia perbatasan di Kabupaten Sanggau. Legal Standing: Jurnal Ilmu Hukum, 3(1), 23-38. https://doi.org/10.24269/ls.v3i1.1589

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Saepulloh, U., & Trisnadi, D. (2023). Pengaruh burnout terhadap kinerja. Jurnal Bisnis, 11(1), 42–52. https://doi.org/10.62739/jb.v11i1.5

Issue

Section

Articles