Pengaruh layanan purna jual terhadap loyalitas konsumen pada dealer Yamaha JG Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.62739/jb.v11i2.49Keywords:
Layanan Purna Jual, Loyalitas KonsumenAbstract
Tujuan: tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Gambaran layanan purna jual pada dealer Yamaha JG Purwakarta; 2) Gambaran loyalitas konsumen pada dealer Yamaha JG Purwakarta; dan 3) Seberapa besar pengaruh layanan purna jual terhadap loyalitas konsumen pada dealer Yamaha JG Purwakarta.
Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data yang diperoleh menggunakan metode survei dan data sekunder dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 96 responden. Uji regresi linear sederhana dilakukan dalam mengalasis data yang telah terkumpul menggunakan perangkat lunak SPSS v.25
Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tanggapan responden layanan purna jual adalah sebesar 72,26%, sedangkan keadaan loyalitas konsumen adalah sebesar 69,4%. Besarnya pengaruh layanan purna jual adalah sebesar 17% sedangkan sisanya 83% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kebaruan: Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pengembangan literatur mengenai loyalitas konsumen.
References
Asy'ari, A. H. (2018). Pengaruh distribusi, layanan purna jual, citra merek dan fanatisme merek terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada konsumen mobil merek Toyota di Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 4(3).
Halin, H. (2018). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan semen baturaja di palembang pada pt semen baturaja (PERSERO) Tbk. Jurnal Ecoment Global, 3(2), 79-94.
Ishak, A., & Luthfi, Z. (2011). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas: Studi tentang peran mediasi switching costs. Jurnal siasat bisnis, 15(1).
Kotler, P., & Keller, K.L. (2020). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Lase, A. Y. P. (2020). Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Asus Service Center Kota Jambi. Science of Management and Students Research Journal (SMS), 1(6), 193-199.
Martin, D., & Hamali, A. Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Adidaya Digital Printing Bandung. YUME: Journal of Management, 3(1).
Nopanti, R. T., & Zuhdi, S. (n.d.). Pengaruh pelayanan purna jual terhadap loyalitas pelanggan studi kasus pada pt.astra internasional tbk cabang bogor.
Putranto, A. T. (2023). Pengaruh Promosi dan Pelayaan Purna Jual Terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Membeli Sepeda Motor Merek Piaggio Vespa pada PT. Premier International di Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 3(3), 172-182.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta
Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(1), 11-25.