Pengaruh harga ongkos kirim reguler terhadap proses keputusan penggunaan jasa pengiriman JNE (survei pada agen JNE Jatiluhur, Purwakarta)

Authors

  • Fachmi Imannur Anwar Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Perdana Mandiri, Purwakarta
  • Alya Dipa A Yani Program Studi S1 Manajemen Bisnis STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.62739/jb.v10i2.36

Keywords:

Harga, Proses Keputusan Penggunaan

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran harga ongkos kirim reguler dan gambaran proses keputusan penggunaan, serta pengaruh harga ongkos kirim reguler terhadap proses keputusan penggunaan jasa pengiriman JNE di agen JNE Jatiluhur, Purwakarta

Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan metode deskriptif dan asosiatif

Hasil: Penelitian ini mengungkapkan bahwa harga ongkos kirim reguler yang dirasakan oleh konsumen agen JNE Jatiluhur, Purwakarta berada pada kontinum tinggi dengan persentase sebesar 83,15%. Besarnya pengaruh harga ongkos kirim reguler terhadap proses keputusan penggunaan adalah sebesar 54% sisanya 46% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti  dalam penelitian ini.

Implikasi Praktis: Penelitian ini memberi masukan untuk manajemen JNE untuk memastikan ongkos harga yang terjangkau agar dapat meningkatkan proses keputusan penggunaan konsumen

Kebaruan: Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang pengaruh ongkos harga terhadap proses keputusan penggunaan konsumen.

References

Arikunto, S. (2018). Prosedur suatu penelitian pendekatan produk. PT. Rineka Cipta.

Fitrah M., & Lutfiyah. (2017). Metode penelitian; penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV. Jejak.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran. Erlangga.

Kurniawan, H. D. (2018). Pengaruh harga, kualitas pelayanan dan lokasi keputusan pembelian (Studi kasus pada konsumen JNE Jl. Glagahsari No. 62 Yogyakarta). Jurnal Ekobis Dewantara. 1(4). 73-82.

Pratiwi, T. I. S., & Hartini, H. (2023). Pondasi keberhasilan di era persaingan jasa ekspedisi JNE express Kediri. Larisa Ekonomi, 1(1), 47-57.

Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., & Hendriyanto, A. (2016). Strategi pengembangan UKM digital dalam menghadapi era pasar bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136-147.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Ed. 2). Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Anwar, F. I., & Yani, A. D. A. (2023). Pengaruh harga ongkos kirim reguler terhadap proses keputusan penggunaan jasa pengiriman JNE (survei pada agen JNE Jatiluhur, Purwakarta). Jurnal Bisnis, 10(2), 252–266. https://doi.org/10.62739/jb.v10i2.36

Issue

Section

Articles