Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online Grab di Kabupaten Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.62739/jb.v10i1.28Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan,kepuasan pelanggan, dan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online Grab di Kabupaten Purwakarta.
Metodologi/Pendekatan: Sampel dari penelitian ini adalah seluruh pelanggan Pengguna jasa Transportasi Ojek Online Grab di Kabupaten Purwakarta,sejumlah 96 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis korelasi sederhana, analisis regresi linier sederhana, uji signifikan, dan uji determinasi dengan menggunakan software SPSS for windows versi 26.0.
Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Kualitas Pelayanan Pengguna jasa Transportasi Ojek Online Grab diKabupaten Purwakarta berada pada daerah kontinum sangat tinggi, sedangkan Kepuasan Pelanggan Transportasi Ojek Online Grab di Kabupaten Purwakarta berada pada daerah kontinum tinggi. Adapun besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa Transportasi Ojek Online Grab di Kabupaten Purwakarta sebesar 70%.
Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap literatur mengenai hubungan kualitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan pada pengguna jasa transportasi di indonesia.
References
Alma, B. (2020). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Alfabeta
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Universitas Diponegoro.
Husain, B. A. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Pada PT. Bank Danamon Tbk Cabang Bintaro). Jurnal Disrupsi Bisnis, 1(1), 1-15.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.
Marati, N. C. (2016). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online (Studi pada konsumen gojek di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3).
Meithiana, I. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Kotler, P. Keller. (2016) Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga.
Pangarso, A., & Susanti, P. I. (2016). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di biro pelayanan sosial dasar sekretariat daerah provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 9(2), 145-160.
Rosa, A., & Yunita, D. (2014). Analisis kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan taksi Blue Bird Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 12(3), 150-169.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. CV. Andi Offset.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Ed.4). CV. Andi Offset.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, penerapan, dan Penelitian. CV. Andi Offset.
Tjiptono, F., & Chandra G. (2016). Service, Quality, dan Satisfaction. (edisi 4). Andi Offset.