Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian Lipcream Pixy (survei pada konsumen Toko Kosmetik Cahaya Baru Purwakarta)

Authors

  • Sandra Sriwendiah Program Studi S1 Manajemen Bisnis STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta
  • Wida Ningsih Program Studi S1 Manajemen Bisnis STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.62739/jb.v10i1.20

Keywords:

Brand Awareness, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran brand awareness, dan keputusan pembelian lipcream Pixy di Toko Kosmetik Cahaya Baru Purwakarta, serta untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian lipcream Pixy di Toko Kosmetik Cahaya Baru Purwakarta

Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan metode survey. Untuk mengukur besarnya pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian, digunakan teknik analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, korelasi dan regresi, serta uji signifikansi dan koefisien determinasi dengan menggunakan software SPSS for windows versi 26.0.

Hasil: Penelitian ini mengungkapkan bahwa brand awareness yang dirasakan oleh konsumen toko kosmetik Cahaya Baru Purwakarta berada pada kontinum tinggi dengan persentase sebesar 82,2%. Besarnya pengaruh brand awareness terhadap Keputusan Pembelian persentase sebesar 75,7% sedangkan sisanya 24,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Implikasi Praktis: Penelitian ini memberi masukan kepada produsen untuk lebih meningkatkan brand awareness agar dapat semakin meningkatkan Keputusan pembelian konsumen.

Kebaruan: Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman mengenai brand awareness terhadap keputusan pembelian.

References

Aaker, A. D. (2018). Manajemen Ekuitas Merek Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. Mitra Utama.

Alma, B. (2020). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Amimi, A. N., & Suyanto, A. M. A. (2019). Analisis Perilaku Konsumen Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kosmetik Lokal Di Indonesia: Consumer Behaviour Analysis On Local Cosmetics Buying Decision In Indonesia. eProceedings of Management, 6(1).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Durianto, D., Sugiarto., dan Sitinjak, T. (2017). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. dan Armstrong, P. (2016). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Erlangga

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Permatasari, D. N. C. (2022). Strategi Peningkatan Brand Awareness Dan Aktifitas Promosi Dalam Sport Event (Studi Kasus: Event Maybank Bali Marathon 2019, Gianyar, Bali). Jurnal Kepariwisataan, 21(1), 1-21.

Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum. Andi.

Wibowo, N. E., & Farochi, C. (2017). Pengaruh Brand Awraeness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Yellow Truck Cabang Sunda Bandung). EProceedings of Applied Science, 3(2).

Downloads

Published

2022-06-07

How to Cite

Sriwendiah, S., & Ningsih, W. (2022). Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian Lipcream Pixy (survei pada konsumen Toko Kosmetik Cahaya Baru Purwakarta). Jurnal Bisnis, 10(1), 36–50. https://doi.org/10.62739/jb.v10i1.20

Issue

Section

Articles