Pengaruh citra merek terhadap proses keputusan pembelian ikan koi pada Rizzkoi Home Breeding Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.62739/jb.v11i1.13Keywords:
Citra Merek, Proses Keputusan PembelianAbstract
Tujuan: Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap proses keputusan pembelian pada Rizzkoi Home Breeding Purwakarta.
Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kuantitatif dan metode survei yang melibatkan 95 orang sebagai responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan studi kepustakaan, sedangkan untuk mengukur pengaruh layanan purna jual terhadap loyalitas pelanggan digunakan teknik uji normalitas, uji regresi linier sederhana, dan uji korelasi dengan menggunakan software SPSS versi 21.0.
Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tanggapan responden terhadap citra merek yang dipersepsikan oleh konsumen Rizzkoi Home Breeding Purwakarta adalah baik yaitu sebesar 71%, dan keadaan keputusan pembelian berada pada daerah kontinum cukup yaitu sebesar 64%, besarnya pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 46%, dan 54% lainnya disebabkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Implikasi Praktis: Memberikan gambaran seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada Rizzkoi Home Breeding Purwakarta.
Kebaruan: Memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang citra merek dan keputusan pembelian pada konsumen.
References
Alma, B. (2018). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta
Dharma, N. P. S. A., & Sukaatmadja, I. P. G. (2015). Pengaruh citra merek, kesadaran merek, dan kualitas produk terhadap keputusan membeli produk Apple. E-Jurnal Manajemen, 4(10), 3228-3255.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hurriyati, R. (2015). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen: Fokus pada konsumen kartu kredit perbankan. Alfabeta.
Hartati, T (2018). Pengaruh Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Yamaha Periode 2018 Di Wilayah Kecamatan Jagakarsa). Oleh.
Kotler, P., & Keller, K.,L. (2012) Manajemen pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran (ed.13). Erlangga.
Sriharyanti & Cholid, I. (2019). Pengaruh citra toko, kepuasan pelanggan dan harga terhadap keputusan pembelian ulang di evo pet shop. https://core.ac.uk/display/162164969?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1
Shahab, H. (2021). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Ikan Cupang Hias Standar Nasional Indonesia pada komunitas penghobi di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).
Sugiyono. (2012). Metode penelitian bisnis. Alfabeta
Tjiptono, F. (2011). Manajemen dan strategi merek. Andi Offset