Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan JNE agen Cibatu Kabupaten Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.62739/jb.v11i1.12Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Saluran DistribusiAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pengaruh saluran distribusi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan agen JNE Cibatu Kabupaten Purwakarta
Metodologi/Pendekatan: . Sumber data pada penelitian ini didapat dari kuesioner (primer) yang disebar pada responden. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen agen JNE Cibatu Purwakarta. Sampel penelitian berjumlah 84 orang. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji f dan uji t.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran distribusi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 64,2% Faktor yang paling dominan berpengaruh adalah kualitas pelayanan dilihat dari penghitungan uji t. Nilai t hitung variabel kualitas pelayanan sebesar 12,327 dan variabel saluran distribusi sebsar 8,687. Hasil Uji F diperoleh Fhitung sebesar 75.359 dan nilai signifikan < 0,05.
Implikasi Praktis: Penelitian ini memberikan masukan kepada pihak JNE untuk memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan pelayanan dan efisiensi saluran distribusi.
Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap perkembangan literatur tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan JNE.
References
Ahmad, A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Jalur Nugraha Ekakurir ( JNE ) Kabupaten Bima. Jurnal Bina Manajemen, 226-227.
Anshar, A. (2019). Pengaruh lokasi, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 3-4.
BPK. (2023). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/45288/uu-no-8-tahun-1999. Jakarta.
Dewantoro, D., Aryani, L., & Marzuki, F. (2020, November). Pengaruh kualitas pelayanan, ketepatan waktu pengiriman dan fasilitas tracking sistem terhadap kepuasan pelanggan JNE. BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) 1, 278-293.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo, I. (2014). Manajemen pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. Erlangga. Laksana.
Koto, D. I. (2019). Strategi pemasaran produk kemasan melalui saluran distribusi dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada PT. Indogravure di Ciputat Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 29.
Kusdianto, E. H. (2019). Kontribusi kualitas pelayanan dan distribusi terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 138.
Pandeirot, A. A., Soegoto, A. S., & Kawet, R. C. (2021). Pengaruh kualitas produk dan distribusi terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Unilever, tbk cabang Amurang dimasa pandemi COVID-19. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 1303-1312.
Paputungan, T., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT JNE Kotamobagu. Productivity, 2(5), 397-402.
Pitaloka, E., & Avianti, W. (2023). Customer satisfaction surveys on organization of indonesian food and drug authority. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 16(1), 7-11.
Prihandoyono. C. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan JNE Cabang Balikpapan. Jurnal GeoEkonomiISSN-Elektronik,119.
Rohaeni, H. N. M. (2018). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ecodemica, 314.
Rohman, A. (2017). Dasar-dasar manajemen. Inteligensia Media.
Satriadi, W. E. (2021). Manajemen pemasaran. Samudra Biru.
Simanjuntak, D. C. Y., Salimi, V. A., Louis, V., & Johanes, T. (2020). Disertasi. Pengaruh kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian baja pada PT Suminsuryamesindolestari. Universitas Udayana.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabetha.
Sukaesih, D. A. M. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. TIKI JNE sub agen Kayuagung. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 20.
Sumarsid, S., & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada grabfood (studi wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1).
Tanjaya, V., & Wijaya, W. (2019). Pengaruh saluran distribusi dan personal selling terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi. Jurnal Manajemen, 5(2), 145-152.
Tead, O. (1951). The art of administration.
Terry, G. R., & Franklin, S. (1964). Principles of management illionis. USA: Richard D. Irwin Inc. Homewood.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa: prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (2nd ed.). CV Andi Offset.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction Edisi 4 (IV; Andang, Ed.). Yogyakarta.