Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Hidden Valey Hills Kabupaten Purwakarta

Authors

  • Eneng Ani Herawati Program Studi Manajemen Bisnis, STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta
  • Dika Meirista Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Perdana Mandiri, Purwakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62739/jb.v11i1.10

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan: Penelitian ini ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gambaran kualitas pelayanan Hotel Hidden Valley Hills Kab. Purwakarta; (2) Mengetahui gambaran kepuasan pelanggan pada Hotel Hidden Valley Hills Kab. Purwakarta; dan (3) Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Hidden Valley Hills Kab. Purwakarta.

Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dan metode survei. Sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan Nonprobability sampling dengan teknik insidental. Analisis data dilakukan dengan statistik seperti uji validitas dan reabilitas untuk kuesioner. dan analisis kolerasi ganda, analisis regresi ganda dengan uji-F serta uji-t dan koefisien determinasi untuk pembuktian hipotesis.

Hasil: Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dan metode survei. Sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan Nonprobability sampling dengan teknik insidental. Analisis data dilakukan dengan statistik seperti uji validitas dan reabilitas untuk kuesioner. dan analisis kolerasi ganda, analisis regresi ganda dengan uji-F serta uji-t dan koefisien determinasi untuk pembuktian hipotesis.

Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap literatur mengenai hubungan kualitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan pada hotel di indonesia.

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Suatu Penelitian Pendekatan Produk. PT. Rineka Cipta.

Cuhanazriansyah, M. R., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan DANA pada masa Physical Distancing. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(2), 311-319. https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i2.35853

Diyatma, A., & Rahayu, I. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & bar. eProceedings of Management, 4(1).

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ika, D.W.D., & Effendi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Luminor Mangga Besar Jakarta Barat. http://repository.stei.ac.id/3163/

Kotler, P. Keller. (2016) Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga.

Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1267-1283.

Marlius, D. (2018). Loyalitas nasabah bank nagari syariah cabang bukittinggi dilihat dari kualitas pelayanan. Jurnal Pundi, 1(3). https://doi.org/10.31575/jp.v1i3.60

Riduwan. (2016). Pengantar Statistika Sosial. CV Alfabeta.

Riadi, E. (2016). Statistik Penelitian, Analisis Manual dan IBM SPSS Edisi Pertama. Andi Obset.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Ed.3) Alfabeta.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. CV. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Ed.4). CV. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, penerapan, dan Penelitian. CV. Andi Offset.

Zikri, A., & Harahap, M. I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 923-926.

Downloads

Published

2023-06-17

How to Cite

Herawati, E. A. ., & Meirista, D. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Hidden Valey Hills Kabupaten Purwakarta. Jurnal Bisnis, 11(1), 93–108. https://doi.org/10.62739/jb.v11i1.10

Issue

Section

Articles